Tips dan Trik Melamar Pekerjaan Lewat E-mail


Teknologi semakin maju, karena itu juga banyak perusahaan perusahaan yang meminta sobat untuk mengirimkan lamaranya melalui e-mail. Akan tetapi, terkadang kita masih bingung cara melamar pekerjaan melalui e-mail itu bagaimana ? sebetulnya tidaklah sesulit apa yang kita bayangkan walaupun juga tak semudah mengirimkan surat lamaran pekerjaan yang hanya melalui jasa pos saja.
Berikut saya akan memberitahu kepada sobat bagaimana cara melamar pekerjaan melalui e-mail.Namun, sebelumnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh sobat sebelum mengirim surat lamaran pekerjaan melalui e-mail yaiu :
  1. Gunakanlah alamat email yang mudah singkat dan mudah diingat dan “resmi”. Artinya, gunakanlah nama yang meyakinkan, jangan nickname yang aneh-aneh, misalnya justordinarygirl@…, negromanis@…, youngandcoolguyz@…Pakai saja nama Anda sendiri.
  2. Kalau Anda tidak punya email official, usahakan jangan menggunakan email dari provider gratisan lokal yang umumnya lambat. Gunakan saja yahoo.com atau gmail.com yang lebih dikenal dan jelas bonafid.
  3. Kirimkan berkas-berkas file dalam format .doc atau .rtf. Pastikan isinya lengkap, dari data diri hingga curriculum vitae, dan termasuk foto. Beri nama file tersebut dengan nama Anda.
  4. Untuk file berupa foto, atau mungkin Anda merasa perlu juga melampirkan salinan contoh hasil karya dan sertifikat, pastikan ukurannya wajar, agar mudah dibuka.
  5. Jika terpaksa mengirimkan gambar dalam jumlah banyak, satukan dalam format .zip dan berilah nama yang jelas.
  6. Selain berkas-berkas yang sudah lengkap, jangan lupa beri surat pengantar yang berisi uraian singkat, mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan tersebut. Ungkapkan seperlunya, jangan berlebihan dan tidak perlu memasukkan informasi-informasi yang tidak relevan.
Setelah sobat selesai memerhatikan dan memahami hal penting diatas baru sobat bisa langsung berlatih dengan cara berikut :
  • Login/masuk ke akun email Anda, apakah dari yahoo.com atau gmail.com
  • Setelah Anda login klik new mail (untuk yahoo) atau klik compose jika Anda menggunakan gmail.com


cara melamar kerja online


cara melamar pekerjaan via email
  • Masukkan alamat email perusahaan yang Anda tuju, Isi subjek dengan kode posisi pekerjaan yang Anda lamar. Contoh, untuk accounting kodenya "Acc" dan untuk teller kodenya "Tell" atau Account Officer kodenya "AO". Kemudian mulai melampirkan berkas file dengan mengklik icon yang ditandai clip atau penjepit kertas.


tips melamar kerja

melamar kerja dari email
  • Pilih file atau resume Anda yang akan Anda kirimkan. Anda dapat memilih satu persatu atau sekaligus yang terlah terbungkus dalam file rar. Jika Anda belum membuat surat lamaran kerja atau daftar riwayat hidup, silahkan baca artikelnya di contoh surat lamaran kerja dan contoh daftar riwayat hidup.

melamar kerja
  • Tunggu beberapa saat hingga file selesai di upload.
  • Jika file sudah selesai di upload klik "kirim"

 
Copyright © . Lowongan Kerja Terbaru Bulan Ini - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger